09 Agustus 2009

PPC (pay per click)


Artikel tentang PPC bisa jadi artikel yang paling banyak diulas oleh para pakar atau praktisi bisnis internet. Sehingga dengan kerendahan hati artikel yang ditampilkan ini hanya dikhususkan untuk para newbie saja :)

Pay Per Click (Bayar per Klik) atau disingkat PPC adalah sebuah bentuk/metode kerjasama periklanan di internet dimana pemilik situs/blog akan dibayar atas setiap klik pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs atau blog miliknya.

PPC menunjukkan sebuah mekanisme periklanan dimana pemasang iklan (advertiser) membayar atas setiap orang yang mengklik iklan tersebut. Sebaliknya, setiap orang (publisher) yang memasang iklan akan mendapatkan sejumlah penghasilan jika ada pengunjung situs/blog yang mengklik iklan tersebut. Besarnya biaya iklan, penghasilan yang didapat dan sistem yang digunakan, semua tergantung dari masing-masing layanan/penyelenggara program PPC. Saat ini PPC lebih mengarah pada tampilan iklan dalam halaman hasil pencarian search engine (mesin pencari).

Untuk mendapatkan penghasilan yang besar kadang publisher menggunakan cara click fraud. Pengertian dari click fraud adalah mengklik iklan yang ditampilkan pada situs atau blog kita sendiri. Sebaiknya jangan menggunakan cara ini. Kecurangan klik dalam link PPC (click fraud) merupakan masalah yang besar dalam jaringan PPC.

Keuntungan beriklan dengan PPC:
1. PPC sangat cepat. Hasil dapat dilihat di search engine dalam satu/dua hari
2. PPC dapat dipercaya, walaupun harus teliti sebelum memilih.
3. PPC mudah pengukurannya, ini bisa dilihat dari jumlah trafik yang didapat.

Penyelenggara program PPC yang terkenal, Google AdSense, adalah salah satu yang paling banyak digemari oleh publisher karena kemudahan serta bukti yang nyata yang bisa menghasilkan dollar dengan memasang iklan di situs atau blog. Layanan ini lumayan populer dan banyak dipakai oleh blogger untuk mendapatkan penghasilan secara online. Di toko-toko buku banyak ditemukan buku yang membahas secara rinci bagaimana menggunakan PPC untuk meraup keuntungan melalui media blog gratis. Layanan/penyelenggara PPC akhir-akhir ini terus bertambah, mulai dari layanan luar negeri dan layanan lokal. Untuk layanan luar negeri tentu saja masih dikuasai oleh Google AdSense.

PPC (Pay Per Click) lokal sekarang pun mulai bermunculan, dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Tentunya akan memiliki sistem yang jauh lebih mudah karena tinggal dalam area dan menggunakan bahasa yang sama. Berbagai kesulitan bisnis online PPC luar, tentu bisa diatasi, misalnya saja pemahaman terhadap program tersebut, sampai kepada pembayaran.

Penyelenggara/layanan PPC lokal antara lain:
1.Kumpul Blogger
2. ppcindo.com
3. adsensecamp.com
4. kliksaya.com
5. paneniklan.com
6. adspeedy.com
7. Indofad.com
8. bisnisblogger.info
9. adsentra.com
10. tinggalklik.com
11. ppcinbox.com

Cara mendaftarnya gampang sekali (khusus publisher). Secara umum sbb.:
1. Klik alamat penyelenggara layanan PPC
2. Baca sistem/ketentuannya
3. Mendaftar dengan mengisi form pendaftaran
4. copy paste script iklan ke situs/blog kita

Untuk mendaftar Google Adsense dapat diklik atau kalau mau mengikuti program reseller dapat klik

Berikut ini adalah contoh dari PPC lokal ppcindo.com dan adsensecamp.com. Silahkan Click :)



0 komentar:

Posting Komentar

 

BimaMedia Copyright © 2009 Community is Designed by Bim@ TKJBie